• About Us
  • Privacy Policy
  • Contact
  • Info Franchise
  • Seputar Halal
  • Inspirasi
  • Ekbis
No Result
View All Result
franchisehalal.id
No Result
View All Result
Home Bisnis

Kok Bisa Dijual Rp10 Ribu, Mie Gacoan Untung dari Mana?

dkslr by dkslr
July 17, 2024
in Bisnis
123
0
188
SHARES
896
VIEWS
Share on WhatsAppShare on TelegramShare on Facebook

Mie Gacoan menjual makanan mulai Rp10 ribuan untungnya dari mana ya?

Related Posts

FLEI Business Show 2024 Sokong Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen Per Tahun untuk Visi Indonesia Emas 2045

Siapa Pemilik Apotek K-24? Lulusan Fakultas Kedokteran UGM, Punya Hobi Fotografi

Diberi Tugas Buat UMKM Naik Kelas, Ini Profil Maman Abdurrahman dan Jumlah Kekayaannya

Naik MRT dari Dukuh Atas, Ini Alasan Inggris Dukung Pembangunan Transportasi di Jakarta

Apalagi buka tempatnya juga sebenarnya gak murah kan!. Kalau kamu lihat di setiap cabang ada konsistensinya, tempatnya selalu nyaman, lumayan luas, dan parkirannya juga luas.

“Sampai mereka dikira mereka tuh kedok bisnis parkiran sebenarnya. Karena motornya tuh selalu penuh. Dan mereka termasuk salah satu makanan yang kalau kalian lihat atau pesan secara ojol,” kata pengusaha sekaligus YouTuber Raymond Chin saat berbicara di podcast miliknya.

Raymond punya pengalaman setiap jajan di Mie Gacoan selalu dapatnya lama karena antriannya panjang banget.

“Jadi sebenarnya apa secret sauce-nya?,” tanya dia.

Raymond Chin bisa melihat dari 4 sudut berbeda, yakni branding, operations, cross-subsidy dan timing.

Mengenai branding mirip seperti cerita persaingan Android sama Apple. Yang paling pertama peloporin OS smartphone itu sebenarnya Android.

[irp]

(Instagram @mie.gacoan)
(Instagram @mie.gacoan)

Kasusnya di sini, Mie Kober lah sebagai pelopor mie pedas. Tapi yang dibikin persepsi sama konsumen atau masyarakat, yang nomor satu Mie Gacoan.

“Pas dia mulai ngelabelin diri sebagai Mie Pedas No. 1 Indonesia, itu sebenarnya salah satu cara untuk nge-brainwash kalian,” ungkap Raymond Chin.

Menurutnya, sebenarnnya gak perlu jadi pelopor, tak perlu jadi yang pertama, tapi yang penting selalu dipersepsi sebagai nomor satu secara pilihan konsumen.

Mie Gacoan terus mendorong nomor satu ini, bahkan di website pribadi Mie Gacoan. Mereka selalu bilang nomor satu.

“Di sini dan tetap bakal berusaha jadi nomor satu secara nasional. Dan branding-nya itu unik ya. setiap konsumennya juga pas dateng ngelabel Mie Gacoan itu tidak ada hari sepi di outlet Mie Gacoan,” katanya.

(Instagram @mie.gacoan)
(Instagram @mie.gacoan)

Parkiran Mie Gacoan selalu penuh, ujung-ujungnya selalu antrinya panjang. Menurut Raymond, soal nama brand juga pengaruh.

Kemudian, secara berulang-ulang bilang Mie Gacoan mengklaim nomor satu, menurut Raymod itu tindakan yang pintar.

Kedua, cross-sell atau cross-subsidy system

Mie Gacoan tetap ingin mendapat stempel murah atau affordable daripada bikin menu yang langsung paket dengan harga bisa Rp30.000. Atau misalnya dish yang sudah lengkap sama isi-isinya, harga Rp20.000.

Nah, Mie Gacoan bisa break down menunya sampai semuanya di bawah Rp10.000.

“Yang bikin orang nancep lagi, ‘Gila murah banget makan di sini’. Cuma balik lagi, sebenarnya itu lumayan berisiko karena kalau – kadang jualan satuan kayak gitu itu gak nguntungin bisnisnya. Jujur kalau lu datang beli satu mie doang, duduk sampai sejam, itu ngerugiin bisnisnya. Gak nutup tuh biaya-biayanya. Dan menurut gue strategi-strategi kayak gini, core product-nya itu mienya – itu cuannya gak terlalu tebel. Tapi pertanyaannya, siapa sih yang datang buat beli mienya doang?,” beber Raymond Chin.

[irp]

Karena sudah persepsi murah, konsumen pun sampai kejebak, “’Ya, udah deh murah ini, gue tambah yang lain lagi’.”

“Nah sebenarnya side dish, minuman itu yang margin-nya bisa lebih bagus,” kata Raymond.

Dan, jarang orang datang cuma buat beli mienya doang. Atau berdasarkan dari laporan, Mie Gacoan dapat profit margin 40-50 persen.

Kalau bahasa bodohnya, misalnya kalian beli makanan yang harganya Rp10.000, modalnya itu cuma Rp5.000. Itu dari bahan dan masak-masaknya.

Jadi dengan dipecah kecil-kecil gini mereka dapat branding affordable, tapi tetap didesain mereka bakal tetap pesen side dish lainnya.

(Instagram @mie.gacoan)
(Instagram @mie.gacoan)

Ketiga, operational excellence and economic of scale

Kalau mau jalanin bisnis yang harga jualnya rendah banget, apalagi bisnis FnB, tentunya butuh yang namanya economics of scale.

Jadi semakin banyak cabang, semakin banyak orderan, semakin banyak orang, semakin murah bahan-bahan makanannya.

“Dan mungkin kasusnya kayak gitu di Mie Gacoan,” tutur Raymond.

Pas, di awal-awal Mie Gacoan tidak dapat Harga Pokok Penjualan atau HPP seefisien itu untuk bikin profit bisnisnya tebal.

Tapi, semakin mereka ekspansi, dengan gambling mematok harga murah di awal, volumenya semakin banyak, konsumen semakin banyak, harganya lama-lama bisa ditekan terus.

“Dan gue sampai lihat banyak komen-komennya ya – bukan cuma secara volume doang, mereka bikin sistemnya tuh lumayan rapih,” kata Raymond.

Fakta bahwa Mie Gacoan berani, Raymond Chin melihat salah satunya di Twitter, jika ada orderan konsumen tidak datang dalam 18 menit, diberi free 1 paket siomay.

“Nah gue gak tahu sekarang kayak bagaimana,” tutur dia.

Keempat, timing

Raymond Chin mengatakan, Mie Gacoan mulai di tahun 2016 dan lebih modern daripada Mie Kober.

Jika diperhatikan, sebenarnya mulai viral banget tahun 2019-2020. Karena di momen-momen itu lumayan fresh saat pembukaan dan cepat berkolaborasi dengan online-ride selling kayak GoFood, GrabFood atau ShopeeFood.

Dan, di 2019-2020 bisa dibilang lagi ramai-ramainya bisnis yang baru launching, kalau misal konsepnya unik dan gampang untuk diomongin dari segi pelanggannya, bisa menjangkau word of mouth yang jauh lebih efisien. (*)

Tags: mie gacoanmie kober
Next Post

Konten Kreator Yoshua Marcellos Buka Restoran Franchise, Ini Harga Kemitraannya

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular Posts

Ekbis

Jadi Milyarder dari Bisnis Bakery Bersama Bakery Mastery

by dkslr
February 9, 2025
0

Apakah Anda pernah bermimpi memiliki bisnis bakery yang sukses hingga skala internasional? Bayangkan bisa memulai bisnis dari nol, lalu berkembang...

Read more

Jadi Milyarder dari Bisnis Bakery Bersama Bakery Mastery

Sertifikasi Halal Makin Mudah, BPJPH Pastikan Proses Cepat dan Transparan

Dugaan Pungli Sertifikasi Halal, Okta Wirawan Founder Almaz Fried Chicken Dikenakan Biaya hingga Miliaran!

Jaminan Produk Halal Buka 12.321 Lapangan Kerja Baru Dalam 100 Hari

Franchise Kopi Searah, Peluang Usaha Kopi Keliling Modern yang Menguntungkan

Peluang Emas Bisnis Food & Beverage di Rumah Sakit, Roti Ropi Buka Jalan Buat Investor

Load More

[mc4wp_form id="274"]


Popular Posts

Nikmatnya Panen Cuan dari Franchise Tomoro Coffee, Biaya Investasi dan Syarat Bergabung

by dkslr
January 30, 2025
0

Harga Franchise Yomart Mulai Rp150 Juta, Sudah Punya 250 Cabang

by dkslr
January 30, 2025
0

Franchise Labbaik Chicken, Gurihnya Cuan dari Ayam Goreng Halal!

by dkslr
January 30, 2025
0

  • About Us
  • Privacy Policy
  • Contact

© 2024-2025 Franchisehalal.id - Wangsa Media Indonesia

The best sites to buy Instagram followers in 2024 are easily Smmsav.com and Followersav.com. Betcasinoscript.com is Best sites Buy certified Online Casino Script. buy instagram followers buy instagram followers Online Casino

No Result
View All Result
  • Info Franchise
  • Seputar Halal
  • Inspirasi
  • Ekbis

© 2024-2025 Franchisehalal.id - Wangsa Media Indonesia

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In